Kamis, Januari 08, 2009

Alih Fungsi...



Duluu..., (almarhum) Yangkung di waktu senggangnya suka menikmati acara tivi terutama dari manca negara...Oleh itu Yangkung bela-belain pasang parabola di halaman belakang rumah (rumah masa kecil kami di Solo...)..Komentar para cucu "wow...Yangkung trendi! punya parabola!". Menurut beliau senang dapat mengetahui keadaan suatu tempat nun jauh di sana, budayanya, kegiatannya, dengan hanya berada di kamar, sambil sarungan dan makan camilan...
Yang lucu, Yangkung suka channel tivi Perancis yang padahal tak satupun kosa kata Bahasa Perancis dimengerti oleh Yangkung...Sepertinya dengan melihat gambarnya saja Yangkung sudah dapat mengira-ngira jalan ceritanya..
Akan tetapi..........

Akan tetapi...semenjak Yangkung tiada (hiks!) tepatnya tanggal 30 November 2003 yang lalu...praktis tidak ada lagi yang memanfaatkan parabola itu. Tidak pernah lagi ada yang memencet channel luar negeri...Yangti tidak begitu hobi menonton tipi, yangti lebih suka berkebun, membaca, dan tindak pengajian. Parabola itupun nganggur...
Kemudian, pada suatu hari..
Yangti menanam bibit markisa tepat di bawah parabola...Karena markisa memang tanaman merambat..maka tak memerlukan waktu lama bagi sulurnya untuk merambati apa saja yang ada didekatnya..termasuk tiang dan payung parabola Yangkung! Walah...jadi sekarang ini parabola Yangkung berubah fungsi! Dari menjadi jendela manca negara berganti menjadi tempat rambatan markisa! Horok deh!
Markisa Yangti itu tumbuh dengan subur dan saya pernah bercerita tentang buahnya. Bahkan bibit markisa itu telah pula sampai ke susuh saya di Jakarta dan telah berbuah pula, juga telah menelurkan beberapa cerita...
Well sob, ada jugakah disekitar anda yang berubah fungsinya?

Markisa dibalik kawat parabola


30 komentar:

ziezie veteriner mengatakan...

wah Yangkung ternyata enggak gaptek ya ... semangatnya tinggi utk mencari ilmu

ichaawe mengatakan...

hahaha ... jd inget parabola dirumah ku .. aku lempar2in bola2 punya abangku kedalemnya.

rata2 baju2 lama ku..sudah berubah fungsi jd kaen lap di dapur. heheheh

antown mengatakan...

eman tenan. mbok ya dikumpulkan itu buahnya. bawa saat kita kopdar nanti mbak. hehehe... masih semangat kan?

kalo saya yang berubah fungsi banyak juga. yang dekat dengan dunia saya misalnya. hape jadi mouse. lo kok bisa? iya soalnya dah ngantuk, jadi hapenya digeser2 sementara kursor gak bergerak sama sekali.

lalu apalagi ya? anu... palet buat cat sama ibu saya (kalo gak salah) buat karak. halah!! terlalu

tapi kalo di kosan ada lagi yang unik, dan mungkin semua orang juga melakukan hal ini. sarung bukan untuk shalat tapi untuk selimut tidur hehehe...

wis ah ngantuk saya, maaf kebanyakan tulisannya hehe

nita mengatakan...

parabolanya hampir gak kliatan ketutup pohon markisa. kalo soal berubah fungsi ini temenku yg asal sangir-talaud pernah cerita kalo dulu di tempatnya itu belum masuk listrik meski mereka punya kulkas berharap listrik segera masuk desa. ujung2nya kulkas itu dijadiin lemari baju...qiqiqiqiq. amat sangat kreatif

Ernut mengatakan...

@zie: betul zie, dan yg selalu kukenang Yangkung itu selalu berusaha memfasilitasi pendidikan putri2nya..betapapun susahnya...(hiks)

@icha: woloh sentimen ya sama si abang, kaluk udah nyemplung khan susah ambilnya?
Kaluk yg suka kujadikan lap sepatu adalah celana dalamku qiqi hush!

Ernut mengatakan...

@antown: halah hape jadi mouse itu karna operatornya sedang merem melek ya...

@nita: waahhaaa...oh kulkas! Mirip dg kisah adik ipar, kulkas dah rusak nggak tau harus dibuang kemana, malah buat rak buku!

astrid savitri mengatakan...

Berarti eyang kakung gak membeli parabola itu dgn sia-sia dong, meski fungsi pertamanya gak dipakai, setidaknya benda besar itu gak teronggok karatan di gudang :)

markisanya mauuuuu!

Seno mengatakan...

Kalo g diperhatiin bener juga saya g tau he..he.. g kliatan para bolanya.

Iya masih di Palestine nih, belum sempet posting lg he..he..

annosmile mengatakan...

sekarang malah
wajan dirakit menjadi wajanbolic untuk menangkap sinyal wifi
apa sudah terbalik

Ernut mengatakan...

@astird: ho'oh mbak..

@seno: parabola gak keliahatan krn riwug

trendy mengatakan...

kalo parabola saya dulu jadi tempat nyankutnya bola bulutangkis...
hehehehe

lintang mengatakan...

parabola yang berdaya guna lumayan lah setidaknya dpt di manfaatkan sang markisa. salam kenal.

Ernut mengatakan...

@trendy: walah..ngambil bilanya gimana tuh?

@lintang: slam kenal jug, tq udah mampir..

bang ciwir mengatakan...

mbok nek markisane mateng aku dikirimi mbakyu...

Sekar Lawu mengatakan...

jadi inget penyanyi ndangdut kampungku Yayuk Parabola...qiqiqi...kw mesthi ra kenal wong kenalanmu mung RhomaIrama hujanduit...qiqiqi...
Di dalemBadran ada alihfungsi dari rak2an piring jadi rak pot lho Nut...cerdas juga yangTi itu...kadang2...

Andy MSE mengatakan...

yangkung memang mantap.... tinggalane tetep aja bermanfaat

Ernut mengatakan...

@ciwir: ini juga lagi cari sasaran untuk dikirim jiblokane qiqi

Ernut mengatakan...

@ayik: hujan duit karna begadang ya qiqi

@andy: hiks..

rayearth2601 mengatakan...

wahh, jadi ada channel buah buahan dunk kalo dirambatin markisa gitu

hehe

Ernut mengatakan...

@raye..: hehe juga

galih mengatakan...

mending buat saringan minyak aja...
eheheheheheheh

JelajahiDuniaELy mengatakan...

cerita alih fungsi ... opo yo mbak, sih lali aku ....

natalan kemarin aku nemu toko yg njual buah markisa mbak dadi kelingan mbak Ernut

Ernut mengatakan...

@galih: saringan minyak bagusnya pakek daster hehe

@ely: bli pohon markisanya gak, mbak?

Erik mengatakan...

Kreatif juga Yangti-nya ya. Dari pada gak ke pake, gak ada yg nonton lagit, mending dipake tempat merambat.

Tapi lebih baik lagi dijual aja, terusduitnya dibelikan kayu untuk merambat, dapet berapa batang ya

Ernut mengatakan...

@erik: halah mas erik ini, hobi jual beli tukar tambah..

aRul mengatakan...

Trus sekarang parabolanya masih berfungsi ndak, mbak? Jangan-jangan yang keluar di layar TV gambar maskisa? :-)
Kaos kesayanganku yang dah bolong-bolong disita istri buat lap di dapur.. hiiksss...

Ernut mengatakan...

@arul: sudah tidak berfungsi optimal, kresek-kresek..
kaluk masih sayang kaosnya pakek aja lagi..

Felicity mengatakan...

Wah, salut Yang Kung alm ternyata nggak mau ketinggalan info tentang dunia luar yah...

Jangan2x kalo parabolanya dicoba lagi, yang muncul di layar TV justru gambar buah markisa di mana2x, hehe :D

Ernut mengatakan...

@felicity: iya kalik ya?

Nyante Aza Lae mengatakan...

jangan sampe parabolanya tuh bikin jemuran mbak..palagi klo kawatnya digunting buat kandang ayam..hikss..eman2 euuyy