Rabu, April 01, 2009

BimbanG!!

Sabtu pagi adalah waktu ter-favorit untuk pergi ke pasar basah, memborong aneka sayuran dan aneka...cabe! Begitu banyak sayuran yang tersedia, begitu bingung memilih!! Saking bingungnya, jadilah dibeli semua saja... (terung bakal lodeh, wortel bakal sup, timun bakal lalap, kol bakal orak-raik, toge bakal soto, kembang paya bakal oseng, pare bakal oseng, paya muda bakal oseng...weleh ketahuan hobi oseng-oseng!)



Kesimpulan hasil belanja: ternyata terlalu banyak pilihan malah membingungkan. Pertanyaannya: apakah memilih semuanya adalah solusinya? Wah..tentu tidak! kalau dipilih semua, malah suara hasil contrengan anda dianggap tidak sah, alias tidak dihitung oleh panitia penghitung suara.

Lho..apa-apaan ini? pilihan sayuran kok lari ke pilihan partai...hehe..maklum baru musim sih ngobrolin pemilu...

Masih tentang pemilu, masih bingungkah dirimu sob, sampai hari, untuk memilih satu dari 38 parpol nasional (plus 6 parpol lokal -Aceh)?? apakah dirimu termasuk "Pemilih Bimbang" yang menjadi salah satu responden suatu tim survey opini publik?



Undecided Voters


Menentukan pilihan politik ternyata tidak semudah menentukan jenis cabe yang akan dibeli. Terus terang, sampai hari ini, saya tetep belum memperoleh wangsit yang menuntun saya untuk menyontreng apa dan siapa. Tadinya saya merasa minder dengan keterbelakangan saya ini..minder karena masih bingung, masih bimbang, masih bengong, masih tidak mempunyai orientasi politik yang jelas. Akan tetapi setelah saya baca laporan tim survey Kompas terbit 30 Maret 2009...woloh..woloh rupanya saya tidak sendiri to! Banyak temennya! Whuihi..nggak jadi minder deh!

Dari 3000 responden tim survey Kompas tersebut, 22,5% responden menjawab "tidak tahu" untuk pertanyaan bakal memilih siapa, 16,9 % merahasiakan bakal pilihan mereka (mungkin saja sebetulnya mereka tidak tahu juga, tapi gengsi dong..).

Pemilih bimbang alias undecided voters jumlahnya masih lumayan. Beragam alasan yang dikemukakan:

1. males jalan ke tempat pemilihan karena jarak yang jauh dari tempat tinggal;
2. merasa namanya belum terdaftar;
3. waktu pemilihan bentrok dengan kegiatan lain dan lebih memilih kegiatan lain itu;
4. tidak percaya pada parpol...
5. alasanmu?

Ataukah dirimu makin mantap dengan pilihanmu, dan tidak sepertiku hiks..hiks..?



28 komentar:

Seno mengatakan...

Iya nih, saya juga lagi bingung. Alasannya apa yah, belum ada yang saya yakini mampu membawa amanah saya sih he..he..

Lama g nyusuh nih, piye Mba, sehat to?

srex aswinto mengatakan...

cocok mbak mengasosiasikan parpol2 dg sayur2 hehehe....
Btw, ada parpol yg pedas kaya cabe, parpol yg adem kaya timun, parpol segar kaya tomat, parpol pahit kaya pare/daun pepaya, parpol bau menyengat kaya pete/jengkol.
yah....susah sih nentuinnya, aku mungkin lebih memilih parpol yang seperti sayur selada aja....dimasak apa aja enak,cocok dg lidah siapa aja, bahkan di lalap juga enak.
Tapi parpol apa ya....? kayaknya nggak ada.....hahahaha......

Ramon mengatakan...

memilih itu adalah ujian terbesar dalam hidup...

namun di dunia ini memang ada banyak pilihan, bedanya ada yg harus memilih salah satu atau bisa memilih banyak....

kalo bisa milih (lha malah pengen milih!) aku pengen bisa milih banyak...

ato sekalian nggak milih aja...

janji, iklan, orasi, kampanye partai itu nggak ada yg jelek sih....

coba ada yg jelek, dipilih aja deh (siapa tau rendah diri) hehehe

ika rahutami mengatakan...

jadinya... semua masakan itu kamu maem???
halah perutmu bingung pasti...hehee

Ernut mengatakan...

@seno: brarti masuk alasan no. 4 mas hehe...ho'oh niy mas seno lama ndak nyusuh, tega banget! btw, aku juga lama ndak dolan...ibu habis gerah mas..jadi konsen ke merawat ibu dulu, tp skarang udah membaik..

@srex: asal sladanya ya ojo sing ono ulere (kluget-kluget..hiii)

@rsmon: kaluk pingin malah bagus itu, ayo anak muda pasti kamu bisa!

@ika: yo mboko siji to mbak, itu untuk keperluan dua bulan (weleh...ngirit ya qiqi)

G mengatakan...

Huhu.. kangen waktu cuma 3 saja itu loh mbak. Kenapa ga cuma 3 aja tetep yah?

Ernut mengatakan...

@G: betul mbak, 3 aja sudah bisa mengalahkan jml partai amrik yg hanya 2 hehe

Gundala Wejasena mengatakan...

Gak usah bingung Mbak Ernut. Yang jelas kalau kita ingin disebut bangsa yang berdaulat, ya harus ada pemilu. Kalau ingin hasil pemilu yang berkualitas ya... contreng yang terbaik di antara yang terjelek.

Sekar Lawu mengatakan...

aku ra bingung Nut. Wis tak niati, aku akan datang ke TPS. Aku akan melek sampai aku masuk dan menempati posisiku di dalam bilik TPS. Pada saatnya nyontreng, aku akan merem sajah....terserah jemariku ini mau mengarah kemana...Adil toh ? atau ini cara paling tombol untuk mencontreng ?
Oh ya, bila nyontreng sudah kulakukan, yah aku harus melek untuk melipat kertas suara dengan benar dan tertib, tapi aku janji gak akan liat2 lagi hasil contrenganku (khawatir aku gela dan berubah pikiran untuk nyontreng lagi...waaa....gak sah dunk!)...
Piye Nut ? bukankah ini cara kenthir dalam mencontreng ? Yang penting kan kita gunakan hak dan keawjiban kita toh ? perkoro carane, sakkarepku toh ?...qiqiqi...mumet ra ?

DzN mengatakan...

Yuhuuu...
Gi seneng ngomongin parpol yah mbak.
Pemilu caleg jg tinggal 7 hari lage.

Yupz,
Tmnny banyak kq.
Saya juga salah satunya. Huhuhu..
Masi bingung nih. Pilihan banyak bgt.
Saya mo beli aja bingung yg milih.

DzN mengatakan...

Yuhuuu...
Gi seneng ngomongin pemilu nih mbak?
Iya sih, apalagi pemilu tinggal 7 hari lage. Ckckck

Btul mbak.
Mbak ga cuma sendiri koq.
Saya jg turut serta menemani mbak. Ha3
Gmn lage? Saya mo beli bolpen aja bingung yg milih.
Apalagi caleg yg sbanyak ituw. Hahaha

Ernut mengatakan...

@DzN: halah...kaluk gitu DzN memang bingungan! hehe (podo karo aku)

Ernut mengatakan...

@gundala: setujuu..

@ayik: amit..amit...

Mbah Suro mengatakan...

Bimbang itu antara iya dan tidak, selektif saja mbak, seperti dulu waktu milih pacar. Idem dengan Bang Gundala W.

DE mengatakan...

bingung mbak .... milih sopo yo ?

kalau milih lewat pos kayak aku ini ya ndak bisa toh mbak golput atau dicoret sana sini , bakal ketahuan hihihihi ...

kenny mengatakan...

aku positip gak nyontreng mbak, hehehe telat ndaftar ternyata ditutup november 08.
goro2 njagak'ke dpt surat panggilan spt pemilu yll ehhh, ternyata..kecele deh.
tp yen nyontreng pun asal2 an lha wong gak mudeng blas dgn partai2 yg ada skr. sekian info dari penang. salam merdeka!! :D

Ernut mengatakan...

@mbah suro: injih mbah..manut simbay deh saya, biar berkah...

@DE: jadi bebas tapi tidak rahasia ya mbak..

@kenny: walah kok iso ora terdaptar pemilu ki piye to mbak...tapi mbak kenny dudu pendatang gelap Penang to? qiqi...

bundarie mengatakan...

bunda jugaaaa..idemm...

balisugar mengatakan...

Oseng-oseng sedap...

hm bingung bersama kita bisa ? juga bingung

Ernut mengatakan...

@bundarie: tos, bund!

@balisugar: bersama kita bingug, bingung kita bersama...

Ernut mengatakan...

@bundarie: tos, bund!

@balisugar: bersama kita bingug, bingung kita bersama...

ichaawe mengatakan...

aku gak ikut milih ... krn males mbak..pemilunya kan dicairo... 2,5jam dr kotaku ini... huhuhu... bela2in bgt dah cmn bwt nyontreng doang. lagian aku jg gak ngaruh dan gak ngerti sama politik2an gituh.

btw...gila itu cabenya menggiurkan banget euuuy.. jd pgn nyambel :)

bhogey mengatakan...

rame2ny ngomongin nyontreng.
aku gabisa nyontreng neh.
anak rantau,,hho
kunjungan pertama,:D

Ernut mengatakan...

@ichaawe: walaa..golput neh?

@Bhogey: dalah hati pingin nyontreng gk? tq kunjungan pertamanya..

Nyante Aza Lae mengatakan...

dq khan mjd orang pertama yg hadir di TPS
bila perlu dq ikutan nyusun kursi
wuakakakak...
artinya,dq akan menggunakan hak pilih sebaik-baiknya
sesuai dgn analisa dan hati nurani

Ernut mengatakan...

@lae: salud! tos!

dyahsuminar mengatakan...

pemilu paling sulit....juga sulit menentukan pilihan.Apalagi kalau di kota kecilllsemua caleg adalah KONCO.TEMAN...waaah bingung nih ...milih mana ??/

Ernut mengatakan...

@bunda dyah: calegnya ada yg konco kenthel, ada ponakan, ada dulur cedak, ada tetangga...wah..pening...