Kamis, Oktober 23, 2008

lidah mertua

Dua pot tanaman ini adalah masih kerabat sansevieria alias lidah mertua. Yang kiri adalah jenis green arrow, yang kanan metalica. Mereka berdua kado lebaran dari temen (Arasy) yang kebetulan koleksi sansi-nya tumbuh anakan, katanya. Tengkyu ya Arasy, jadi tambah komplit nih jenis sansi di Ernut's Susuh.

Kembali pada nama versi Bahasa Indonesia yang "lidah mertua" itu...sebetulnya nggak begitu setuju nih dengan nama itu..kesannya koq ndak sopan ya sama orang tua..apalagi kaluk dihubungkan dengan fisik tanaman yang lancip dan tajam itu..apa pula maksudnya? Tak semua mertua berlidah tajam..dan sudah seharusnya kita sebagai mantu harus selalu hormat pada mertua sebagaimana kita hormat pada orang tua kita sendiri. Setuju?

14 komentar:

goenoeng mengatakan...

ha ? ada yang metalica ?
kalo ada yang sepultura, saya mau mbak... :)
salam hangat dari saya

Erik mengatakan...

Iya mbak aku setuju... sebagai menantu kita harus menghormati dan memperlakukan mereka seperti perlakuan kita kepada orang tua kita.
Sikap seperti ini berarti memberikan contoh kepada anak kita, bagaimana semestinya kita bersikap kepada mertua. Setuju mbak?

Ernut mengatakan...

@goenoeng: hehehe..

Ernut mengatakan...

@erik: setuju abis!

Sekar Lawu mengatakan...

Nut, aku adalah menantu kesayangan mertua lho....

Elys welt mengatakan...

setuju banget mbak, mertuaku sayang banget karo aku mbak, sebalike aku ugo

ini tanaman kesayangan mamaku mbak, aku punya duo pot di rumah, tahun manak lumayan

Ernut mengatakan...

@ely: ayik yo ngaku disayang mertua katanya...mbuh tenane..qiqi..

dyah mengatakan...

mbak...ada cerita lucu...ketika seorang Ibu berjalan jalan dengan menantu perempuan dan melihat pameran tanaman hias..si Ibu bertanya : Saiki kok tanduran kuwi..di dol nang ngendi endi..larang po ? jenenge apa ? ( sekarang tanaman itu kok ada dimana mana...mahal ya?? namanya apa ??..
Nah..si mantu..dengan memegangi kepala...mengatakan...Eh..anu.." Ilate...njenengan..( eh ..anu..Lidahnya kamu/mertua..)..ha..ha.

Elys Welt mengatakan...

menantu yang ada masalah sama mertuanya menurutku nggak akan mudah bilang dia disayang mertua atau hub. oke2 sama mertua, banyak contoh beberapa temanku di sini mbak

ciwir mengatakan...

sepakat... kita harus jadi menantu yng baik...

jangan MOLIMO : maratuwo mati, mantu melu marisi
ato Madeg Mantep Mangan Melu Maratwo

Caroline Sutrisno mengatakan...

sayangnya mertuaku dua2nya ud seda, padahal blio sayang dan perhatian banget sama aku. jadi kangen deh... :(

Ernut mengatakan...

@dyah, ely, ciwir, CS: setujuuu...

Denmasrul mengatakan...

Waktu saya kecil, tanaman itu banyak ditanam di rumah-rumah di kampung dimana saya tinggal.. dulu sering saya pakai pedang-pedangan dan sering dipakai untuk mainan pasaran sama saudara2 yang cewek untuk diiris2 dijadikan "tempe". Lha sekarang kok mahal ya.. namanya aneh pula :-)

Ernut mengatakan...

@rul: dunia memang makin edyan!