Kamis, Oktober 23, 2008

PLASEBO...



Weekend kmarin kita paksaain ada waktu untuk sortir isi kotak obat di susuh..Pantas saja kotak obat terlihat terlalu penuh..ternyata setelah ditelisik lebih mendalam..banyak stock obat yang sudah tidak laik simpan..Ada sisa-sisa puyer yang sepertinya sudah berubah warna, ada botol-botol yang masih terisi sedikit padahal di kemasannya ditulis "habiskan" (oootts..), ada obat yang sudah lupa fungsi dan kemanjurannya...ada resep yang sudah luntur untuk siapanya...

Acara sortir sukses dengan terkumpul satu tas kresek obat-obatan yang sudah berbahaya untuk dikomsumsi dan perlu dibuang saja...Akhirnya kotak obat menjadi lega, isinya tersusun rapi..sip!

Hal unik yang baru kubaca tentang obat....ada seorang peneliti mengatakan bahwa plasebo atau obat kosyong bisa ces-pleng alias mustajab bila sodara membelinya dengan harga mahal (dan sambil tidak tahu bahwa itu obat kosong belaka, tentu saja). Sebaliknya, obat jenerik dianggap tidak efektif karena harganya yang murce. Ini soal reaksi kimia di otak, kata sang peneliti. "Ketika anda mengharapkan sesuatu terjadi, otak membikin semua itu terjadi". Sekali lagi, ini tentang kekuatan pikiran. Aku termasuk yang percaya akan kekuatan pikiran, tapi temuan yang ini...well, syungguh fenomenal!

(sang penemu efek: Dan Ariely, dikutip dalam Popular Science, dikutip lagi oleh Tempo, dikutip sekali lagi dengan terbengong-bengong oleh Ernut)


17 komentar:

Erik mengatakan...

Benar mbak... hati-hati dengan pikiran kita. Itulah sebabnya, kita sangat dianjurkan untuk berpikiran positif.

Ernut mengatakan...

@erik: setuju mas, but again..gambang diucap tapi kadang syusyah dilakoni unt selalu berpikir positip.

nita mengatakan...

ternyata obat sebenernya itu otak dan pikiran kita ini ya. buktinya dlm percobaan yg makan plasebo malah sembuh

Desny mengatakan...

Aku percaya bahwa proses penyembuhan itu berawal dari dalam diri. Setiap pergi ke dokter langgananku, aku sudah berangkat dengan kepercayaan bahwa dokter itu bisa membantu aku.Jadi, baru lihat mukanya saja, sudah merasa lebih baikan. Lalu, percaya obat apa saja yang diresepkannya akan menyembuhkan.

Ernut mengatakan...

@desny&nita: crita ibuku, dulu pas aku kecil, badan panas di bawa ke dokter, baru turun dari becak di depan praktek dokter, badan sudah adem..(bagaimana ini?, mosok langsung pulang lagi?)

Sekar Lawu mengatakan...

lha iyo to Nut....

goenoeng mengatakan...

haha...itu sudah saya praktekkan dari dulu mbak, ke anak2 saya. kalo mereka sekedar pusing, nggak enak badan paling saya kasih vitamin sambil bilang 'berdoa sungguh2, minta sembuh sama Allah, pasti sebentar lagi sembuh'. Alhamdulillah selang sebentar sembuh, tuh.
sudah lama sekali saya membaca artikel sejenis, bahwa sebenarnya sugesti bisa menyembuhkan. dan sudah di adakan dengan penelitian menggunakan placebo, 'bahan kosong yang menyerupai aslinya' dan sugesti.
salam hangat dari saya... :)

Ernut mengatakan...

@ayik: llha ya to Yik.

@goenoeng: anak saya kaluk pas cuaca buruk tapi tetep pingin minum dingin...slalu minta minumannya saya doain dulu biar tidak bikin pilek katanya, tadinya saya lakukan untuk lutu2an...sekarang saya perlu yakinkan bahwa setelah didoain, minuman aman!

Elys welt mengatakan...

aku termasuk yg percaya banget sama efek pikiran mbak ....wes ono buktine

Ernut mengatakan...

@ely: ho'oh, mbak. Btw, welt itu kosa kata Jerman dan artinya world to mbak? I thought it was your last (hubby's) name...(?) piye cara ungkapkan kepemilikan sih dlm boso jerman itu (yee, malah kursus! sindir Ayik, yo mens to! jawabku, ngeyel..)..

Elys Welt mengatakan...

he -eh mbak artinya dunia, caranya tinggal nambah "s" langsung di belakang namanya , kalau pakai namanya mbak Ernut ya jadi Ernuts Welt beda sama bhs linggis itu yg "s" nya dipisah sama tanda petik

Ernut mengatakan...

@ely: ooo..yayaya..jadi yg panggil mbak ely dgn "elys" sbetulnya ndak begitu pas dunk ya? krn seperti manggilku dengan "hi ernut's..". Nah kmdn, lha last name Jerman mbak ely apa? (ayik berkata: "ernut! lama-lama koq nranyak"...-ernut menunduk-)

dyah mengatakan...

Bener juga ya....lha sok sok gak ilmiah je saya. pokoknya kalau pusing ...minum paramex separo ..trus tidur,bangun bangun sudah segar kembali.Sebetulnya yang bikin sembuh...tidurnya kali...bukan paramex nya..
Soal obat pating sruwel...nggak mbak Ernut saja,,saya juga begitu..kalau tidak di Clearence ...2 bulan sekali..wah srumpelan gak karuan

Ely Meyer mengatakan...

Hallo mbak Ernut salam kenal ya
aku suka blognya, banyak tanaman ijo2, royo2 jadinya ^_^

Ernut mengatakan...

@dyah: saya seneng rumah bersih..tapi datangnya keinginan bersih2 itu dat-nyeng bund...

@ely meyer: salam kenal juga, saya sgra lari gantian berkunjung nanti!

Caroline Sutrisno mengatakan...

jadi sebenernya sembuhnya kerna sugestinya, ya mbak bukan kerna obatnya. hehehe... berbahagialah orang yang selalu positif thingking. :)

Ernut mengatakan...

@CS: yoi...kira2 begitu..