Jumat, Juni 06, 2008

Forever Bunting

Dulu, sewaktu ada abang penjual tanaman yang lewat depan rumah (dinas) menawarkan sejenis palem yang masih kecil, berwarna hijau pucat..kutanya apa jenisnya..si abang menjawab "palem botol, bu". Palem botol yang kutahu adalah palem yang batangnya mblendhug seperti botol, yang kutahu harganya muahal! palem yang dijajakan si abang ini masih bayi, dan tidak ada tanda-tanda ada botol di batangnya. Secara aku tidak ahli palem dan belum pernah secara khusus memperhatikan bentuk palem botol yang masih kecil..maka terus terang aku menyangsikan promosi si abang tadi, aku kuatir ditipunya..tiwas aku beli..bagaimana kalau ternyata palem biasa? Pertarungan dalam hati terjadi..antara kuatir ditipu dan keinginan untuk punya palem botol...Akhirnya dengan mengucap bismillah dan pasrah aku melakukan transaksi jual beli untutk dua buah palem, dengan pertimbangan aku berusaha untuk tidak syu'udhon (kalau si abang menipu, biar dia yang dapat ganjaran dosanya)..selain itu..bila nanti toh akhirnya palem biasa..ya tidak apa-apa, soalnya aku beli dengan harga murah, Rp. 20.000 each...dan kalau bener-bener palem botol..ntar akan terbukti dan aku cita-cita punya palem botol tercapai! Palem itu cukup lama berada di dalam pot dan tentu stay kontet (seperti halnya pisang kipas). Kemudian saatnya mereka ditanam di tanah kebun CK..dan dalam satu tahun..ternyata palem itu sekarang menunjukkan jati dirinya..dia memamerkan botolnya, botol bunting! Oh, si abang..maaf ya aku sempat pernah meragukanmu..
sembah

Tidak ada komentar: